PERAN KOMUNIKASI PASUTRI PEKERJA PADA PRODUKTIVITAS KERJA DI SMA N 1 ROWOSARI

Sawitri Retno Umirin

Sari


Era globalisasi saat ini sangat dituntut sikap bijaksana dalam kehidupan berumah tangga sehingga dapat selaras dan seimbang dengan dinamika jaman. Selain faktor-faktor lain yang mendukung untuk kemajuan yang seimbang tersebut juga dibutuhkan faktor komunikasi di mana kemampuan komunikasi menunjukkan keberhasilan seseorang dalam mengirim informasi atau pesan secara jelas, manusiawi dan efisien, dalam hal ini tentunya posisi mereka sebagai seorang suami dan istri. Disamping itu juga komunikasi memiliki nilai-nilai sarana informasi, motivasi juga mengekspresikan emosi dan dapat mempengaruhi orang lain dalam mewujudkan suatu perkembangan dan kemajuan pada sebuah relationship yang harmonis sehingga dalam menjalin kehidupan berumah-tangga ke depan akan lebih baik, tanpa mengesampingkan produktifitas kerja di mana suami dan atau istri tersebut mengaktualisasikan diri dalam kesehariannya.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, adanya Peran Komunikasi Pasutri Pekerja Pada Produktivitas Kerja Di SMA N 1 Rowosari terbukti semakin tinggi komunikasi interpersonal suami dan atau istri pada pasangannya dan anggota keluarga yang lainnya semakin tinggi pula produktivitas kerja di SMA N 1 Rowosari dengan hasil 0,639 membuktikan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel x dan y. Dengan demikian segala akifitas dan kegiatan berumah tangga merupakan implementasi dari komunikasi interpersonal yang mengacu pada keberlangsungan produktivitas kerja di lingkungan SMA N 1 Rowosari.
Hal ini menunjukkan bahwa peran suami dan atau istri sangat berimbang dan sudah memenuhi kebutuhan dan keinginan responden untuk dapat saling memahami dan mengerti karakter masing-masing sehingga proses komunikasi interpersonal dapat berlangsung dengan baik dan efektif. Tidak menutup kemungkinan bahwa perempuan pekerja juga bias membangun keluarga harmonis yang sejahtera, tangguh dan menghasilkan keturunan yang berkualitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang.
Keywords : Interpersonal, Komunikasi, Kerja,Pasutri, Produktivitas


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.