EFEKTIVITAS MEDIA INTERNAL MAJALAH GEMA SERASI SEBAGAI SARANA PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DI KANTOR BUPATI SEMARANG

Hendrick Daniel Simatupang, Rekno Sulandjari

Sari


Konsep PR dipahami dan digunakan oleh pihak–pihak swakta maupun negri, berpotensi mengejar profit maupun lembaga yang bersifat sosial dengan berbagai macam pemahaman dan berbagai macam bentuk implementasinya. Bisa diartikan bahwa di perusahaan swasta, PR sudah diposisikan di level strategis. Pemahaman manajemen terhadap peran dan fungsi PR sudah sangat baik sehingga PR diapresiasi begitu tinggi dan ditempatkan dalam fungsi strategic management sejajar dengan fungsi manajemen yang lain dan berperan secara strategis dalam memberikan advokasi kepada manajemen dan perusahaan.
Salah satu bentuk komunikasi yang dapat dilakukan oleh PR untuk membina komunikasi dengan publik internalnya adalah melalui media internal perusahaan. Semakin pembaca memiliki keterikatan dengan media internal dari suatu perusahaan (lokasi perusahaan), maka media internal yang dibuat akan semakin efektif (Siregar & Pasaribu, 2000: 17). Media internal adalah suatu sarana penyampaian dan penerimaan informasi yang semata-mata bersifat internal (khusus untuk para staf dan pegawai) dan bersifat eksternal (yang juga diarahkan kepada pihak luar tertentu) di kalangan perusahaan, dan biasanya bersifat non komersial (Jefkins, 2004: 145). Media yang dibuat oleh PR seringkali disebut private publications (publikasi dibuat sendiri), seperti house journal (majalah atau surat kabar perusahaan), annual report (laporan tahunan), company profile (profil perusahaan), proposal, selebaran/brosur, billboard cetak dan elektronik (Ardianto, 2013: 141).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dan sesuai dengan indikator pemenuhan kebutuhan informasi, bahwa sebanyak 82,8% (82 responden) menyatakan bahwa pemenuhan kebutuhan informasi pegawai pemerintah daerah di Kantor Bupati Semarang terhadap Majalah Gema Serasi masuk pada kategori terpenuhi yang dapat dibuktikan pada tabel 3.53. Demikian juga terdapat hubungan antara efektivitas Majalah Gema Serasi (variabel X) dengan pemenuhan kebutuhan informasi (variabel Y) pada tabel 3.54 yang terbukti bahwa mayoritas responden yaitu sebanyak 74 responden (74,7%) menyatakan Majalah Gema Serasi yang efektif maka pemenuhan kebutuhan informasinya terpenuhi.
Keywords : Karyawan, Kebutuhan Informasi, PR, Publik Internal


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.