KORELASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SDN NGIJO 2 GUNUNGPATI

Devi Setyaningrum, Sinta Petri Lestari

Sari


Kegiatan belajar mengajar pada lembaga pendidikan formal tingkat pendidikan dasar, seperti Sekolah Dasar biasanya difasilitasi oleh guru kelas dan sebagian guru mata pelajaran. Guru kelas ini sekaligus menjabat sebagai wali kelas. Wali kelas memiliki tugas pembimbingan dalam bidang akademik dan non-akademik yang sifatnya lebih personal dan bertujuan meningkatkan kelancaran kegiatan belajar mengajar dalam suatu kelas. Salah satu cara pembimbingan tersebut yaitu melalui kemampuan komunikasi interpersonal wali kelas untuk memotivasi siswa.
Komunikasi interpersonal guru berperan meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri Ngijo 2 Gunungpati dapat bersikap terbuka, berempati, mendukung, dan berharap positif terhadap siswa sehingga dapat tercipta hubungan yang dekat, akrab dan nyaman dalam pebelajaran. Hubungan tersebut sangat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu kemampuan komunikasi interpersonal merupakan aspek yang strategis yang harus dimiliki guru pada umumnya dalam rangka meningkatkaan kualitas belajar.
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Motivasi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.