HUBUNGAN TAYANGAN KARTUN UPIN DAN IPIN DENGAN PERILAKU IMITASI ANAK

Nunuk Werdiningsih, Sinta Petri Lestari

Sari


Pada zaman sekarang ini, televisi merupakan media elektronik yang mampu menyebarkan berita secara cepat dan memiliki kemampuan mencapai khalayak dalam jumlah tak terhingga pada waktu yang bersamaan. Televisi dengan berbagai acara yang ditayangkan telah mampu menarik minat pemirsanya dan membuat pemirsanya ketagihan untuk selalu menyaksikan acara-acara yang ditayangkan. Penelitian ini membahas hubungan tayangan kartun Upin & Ipin terhadap perilaku imitasi anak. Tipe penelitian yang dilakukan penulis adalah deskriptif kuantitatif diamana metode ini menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah di pahami dan di simpulkan. Teori yang digunakan adalah Teori Kultivasi, yaitu teori yang memperkirakan dan menjelaskan pembentukan persepsi, pengertian, dan kepercayaan mengenai dunia sebagai hasil dari mengonsumsi pesan media dalam jangka panjang.
Tujuan dadi penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tayangan film kartun Upin & Ipin terhadap perilaku imitasi anak. Upin dan Ipin adalah sebuah film animasi anak-anak yang di rilis pada 14 September 2007 di Malaysia dan di siarkan di TV9. Film ini diproduksi oleh Les’ Copaque.
Keywords: Komunikasi Massa, Perilaku Imitasi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.