KOMPONEN LITERASI MEDIA MONOPOLI SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMAN 1 WELERI KAB. KENDAL)

Aftina Yuliastuti

Sari


Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perubahan proses pembelajaran, 2) Seberapa besar peningkatan prestasi belajar 3) Bagaimana perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran Ketenagakerjaan di Indonesia pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Weleri semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, menggunakan dua siklus dengan masing – masing siklus 2 pertemuan. Kesimpulannya adalah pembelajaran model TGT berbantuan media monopoli: a) meningkatkan proses belajar menjadi sangat kondusif, b) meningkatkan prestasi belajar rata-rata 79 pada kondisi akhir, c) merubah perilaku siswa menjadi kreatif, bekerja sama, disiplin.
Kata Kunci : Media Monopoli, Model TGT, Prestasi Belajar


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.