Analisis Semiotika Dalam Iklan “Fair And Lovely†Versi Nikah Atau S2

Ika Malika, Sinta Petri Lestari

Sari


Iklan dimedia televisi yang ditampilkan oleh produk Fair and Lovely, sering memanfaatkan kaum perempuan dengan menonjolkan fisik tertentu yang bertujuan untuk daya tarik konsumen. Seiring berjalannya waktu dan inovasi produknya, produk Fair and Lovely menayangkan iklan terbarunya yaitu Fair and Lovely versi Nikah atau S2, pada iklan ini Fair and Lovely menghadirkan sosok perempuan cantik dalam balutan Hijab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai landasannya dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Sedangkan terkait paradigma, penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif. Melalui penelitian ini, peneliti berupaya membongkar mitos mengenai perempuan yang ada dibalik iklan produk perawatan kecantikan Fair and Lovely versi Nikah atau S2.
Hasil dari penelitian ini yaitu dari makna denotasi Sang Ayah dan Sang Ibu yang telah menemukan jodoh yang tepat untuk sang anak perempuannya, tetapi anak perempuannya masih mempunyai rencana untuk melanjutkan pendidikan kejenjang S2. Makna konotasinya Sang Ayah dan Sang Ibu lebih menginginkan anak perempuannya untuk segera menikah dibandingkan anak perempuannya melanjutkan pendidikan kejenjang S2. Mitos pada iklan ini yaitu gambaran yang ditampilkan pada iklan berbeda dengan pandangan pendidikan khususnya kaum perempuan di Agama Islam, bahwa Agama Islam tidak membeda-bedakan derajat kaum laki-laki ataupun kaum perempuan dalam bidang apapun, sedangakan pada iklan Fair and Lovely seolah-olah menyatakan secara tidak langsung kalau seorang perempuan harus setara dengan laki-laki dengan cara berpendidikan yang tinggi.
Kata Kunci : denotasi, iklan, konotasi, mitos, perempuan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.