EFEKTIFVITAS LITERASI MEDIA (Video) DARI HANDPHONE MAHASISWA PADA MINAT BERWIRAUSAHA MAKANAN BERBAHAN BAKU LELE BERORIENTASI B2SA MASYARAKAT DESA KARANGSARI

Rekno Sulandjari

Sari


Dewasa ini banyak sekali handphone dari berbagai merk beredar di masyarakat. Indonesia merupakan pasar terbesar di dunia bagi para vendor handphone. Rata-rata masyarakat Indonesia memiliki handphone lebih dari satu per orangnya. Hal ini tidak terlepas dari beberapa faktor antara lain : infrastruktur jaringan telepon seluler yang telah dibangun di seluruh pelosok tanah air. Selain itu biaya penggunaan (untuk sementara baru biaya percakapan) boleh dibilang cukup murah. Dan faktor kelengkapan fitur yang ada di suatu handphone merupakan daya tarik sendiri bagi masyarakat untuk tidak lepas membawa handphone kemanapun pergi.Sehingga dapat pula dipastikan dewasa ini bahkan beberapa orang menggunakan Ponsel Sebagai Media Pembelajaran. Keberadaan Handphone (Hp) memiliki fenomena tersendiri bagi dunia pendidikan khususnya bagi pelajar dan mahasiswa. Kehadirannya yang menawarkan kecanggihan untuk dapat mengakses segala informasi lintas dunia dengan sangat cepat, mudah dan murah sering dijadikan kambing hitam merosotnya moral/budi pekerti bangsa. Hal ini mungkin benar adanya, akan tetapi tentu tidak sepenuhnya benar jika ada anggapan/persepsi bahwa kehadiran telepon selular bagi pelajar dan mahasiswa lebih membawa dampak negatif dari pada positif.
Handphone merupakan salah satu alat elektronik yang sedang berkembang penggunaanya di masyarakat saat ini, dan hampir semua penggunanya sangat merasa ketergantungan dengan benda kecil yang satu ini. handphone sangat bermanfaat bagi siswa dalam pengembangan sebagai media pembelajaran sehingga mampu menarik minat belajar siswa. Sehingga simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup yaitu sebesar 0.475 antara media penyampaian pesan yaitu video (variabel X1) dan diskusi (variabel X2) secara bersama-sama pada kegiatan kewirausahaa (variabel Y). Artinya, jika variabel X1, X2 meningkat, maka variabel Y juga ikut meningkat (korelasi positif). Dan besarnya tingkat efektivitas media penyampaian pesan pada kegiatan kewirausahaan dalam penelitian ini adalah 42,1%, sedangkan sisanya 57,9% disebabkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil dari hipotesis penelitian ini, didapatkan bahwa literasi media penyampaian pesan dalam bentuk video merupakan media penyampaian pesan yang paling efektif bagi peserta kewirausahaan dibandingkan dengan media lainnya, yaitu forum diskusi dengan thit sebesar 3.827.
Kata Kunci : Bervirausaha, Efektivitas, Handphone, Literasi, Media


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.