HUBUNGAN KOMUNIKASI ORGANISASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MEMO DENGAN EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN PT MATARAM CAKRAWALA TELEVISI INDONESIA

Romandha Ari Kurniawan, I Nyoman Winata

Sari


Keberadaan komunikasi seharusnya dapat mendukung peningkatan efektivitas kerja pegawai di kantor. Artinya, dengan adanya sistem komunikasi yang baik maka dapat memperlancar proses pengurusan pekerjaan-pekerjaan, menghemat tenaga dan waktu. Dengan demikian terdapat pola hubungan positif, antara komunikasi dengan efisiensi. Semakin baik proses komunikasi maka semakin tinggi pula tingkat efisiensi di kantor. Kehadiran televisi lokal di Semarang menambah variasi atau pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, hiburan, dan pendidikan. Televisi lokal bisa menjadi mimbar perdebatan masyarakat lokal mengenai isu-isu atau persoalan-persoalan lokal yang sedang dihadapi sekaligus menjadi sarana pengembangan potensi daerah, sehingga daerah pada gilirannya menjadi lebih maju dan sejahtera melalui pengembangan perekonomian rakyat.
Dari perspektif Otonomi Daerah, kehadiran televisi lokal dapat mengurangi sentralisme informasi dan bisnis. Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 32/ 2002 tentang Penyiaran yang merevisi UU Penyiaran terdahulu (UU No. 24/1997) yang kental sekali dengan kekuasaan. Penelitian menunjukkan komunikasi media memo yang diterapkan di PT. Mataram Cakrawala Televisi Indonesia sudah tepat hal ini dapat dibuktikan sebanyak 54 responden (79,41%) menjawab komunikasi media memo sangat baik (Tabel 3.8). Sedangkan efektivitas kerja karyawan PT. Mataram Cakrawala Televisi Indonesia pada kategorisasi sangat baik, hal ini dapat dibuktikan sebanyak 39 responden (54,41%) menjawab efektivitas kerja karyawan sangat baik (Tabel 3.13). Hal ini didukung oleh temuan penelitian tentang hasil jawaban 39 responden (54,41%) berasumsi efektivitas kerja karyawan PT. Mataram Cakrawala Televisi Indonesia sangat baik. Adapun korelasi kedua variabel berhubungan positif.
Kata Kunci : Efektivitas, Kinerja, Komunikasi, Memo, Organisasi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.