PERANCANGAN STASIUN KERETA API TERPADU DENGAN TERMINAL BUS DI SEMARANG (Dengan pendekatan arsitektur strukturalisme)

Teshanda Rizki H, Adi Sasmito, Margareta Maria Sudarwani

Abstract


Meningkatnya beban pada sistem transportasi kota dan antar kota, maka telah diasumsikan dengan berbagai kesimpulan diadakannya suatu pemecahan, terutama yang berkaitan dengan sistem transportasi massal (Mass Rapid Transportation). Salah satu sistem transportasi massal yang cukup potensial sebagai angkutan massal yang cepat, aman, lancar adalah kereta  api. Peranan kereta api inilah yang akan ditingkatkan sarana maupun prasarananya untuk menanggulangi masalah transportasi kota dan antar kota tersebut. Maka terciptalah suatu bangunan berbentuk memanjang dengan jumlah satu  lantai untuk bagian peron, retail dan kantor pengelola dan bangunan berbentuk melengkung dengan jumlah dua lantai yang berfungsi untuk hall. Pada bangunan tersebut menonjolkan bentuk-bentuk struktur, seperti bentuk struktur atap peron.

 

Kata kunci : Sirkulasi, struktur atap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.