THE ANALYSIS OF VARIABLE-VARIABLE MARKETING MIX TO CUSTOMER LOYALTY (STUDY ON KOPERASI SIMPAN PINJAN TIRTA DANARTA SEMARANG)

Yosef Mario Virtianto, Azis Fathoni, Maria magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel marketing mix terhadap loyalitas nasabah pada Koperasi Simpan Pinjam Tirta Danarta Semarang. Populasi dalam penelitian ini seluruh nasabah yang ada di semarang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 100 responden.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari Koperasi Simpan Pinjam Tirta Danarta . Analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunkan koefisien determinasi, uji t, dan menyebar kuisioner kepada responden .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel marketing mix yaitu produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai sebesar 10,250, harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai sebesar 7,820,lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai sebesar6,871 dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai sebesar 1,751. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa produk yang paling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah terbukti dengan hasil yang paling besar yaitu 10,250.
Kata kunci : Relathionship Marketing,produck,price,place and promosition.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.