PENGARUH GAYA KEPEMIMPINANKEPALA SEKOLAH DAN KREDIBILITAS GURU TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA GURU DI YAYASAN PENDIDIKAN SUDIRMAN SEMARANG (Studi Empiris Pada Guru Di Yayasan Pendidikan Sudirman Semarang)

ROHMI, M.M. Minarsih, Mukeri

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan kredibilitas gurusecara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas sumber daya manusia guru, untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan kredibilitas guru secara parsial mempunyai pengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia guru, untuk menganalisis variabel bebas manakah yang sangat dominan berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia guru.

Penelitian ini menggunakan analisa regresi linier berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban guru di Yayasan Pendidikan Sudirman Semarang yang diberikan beberapa pertanyaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial pada variabel pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan kredibilitas guru terhadap kualitas sumber daya manusia guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas sumber daya manusia guru dengan nilai signifikansi 0,130 > 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif antara kredibilitas guru dengan kualitas sumber daya manusia guru nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan kredibilitas guru terhadap kualitas sumber daya manusia guru dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 74,0% yang mempengaruhi sumber daya manusia guru yang dijelaskan oleh variabel pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan kredibilitas guru, sedangkan sisanya 24,0% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini.

Perlu ada upaya peningkatan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah dalam hal gaya kepemimpinan agar terjalin kerjasama yang baik dengan para guru

 

Kata kunci : Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kredibilitas Guru,  Kualitas Sumber Daya Manusia Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.