PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN ON LINE REPRESENTATIF PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP MOTIVASI WAJIB PAJAK DI WILAYAH IV KOTA SEMARANG

Giyarni Giyarni, Maria Magdalena Minarsih, Andi Tri Haryono

Abstract


Pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh Negara kita membutuhkan dana yang sangat besar. Dana tersebut didapatkan dari berbagai sumber, antara lain dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Tanggung jawab bersama agar pembangunan yang sedang dilaksanakan dapat berjalan lancer. Pemerintah bertanggung jawab terhadap penggunaan dana yang ada, masyarakat bertanggung jawab untuk membayar pajak. Bagaimana agar masyarakat mempunyai motivasi untuk melakukan pembayaran pajak dan bagaimana menjaga kepercayaan masyarakat.

Hasil dari penelitian ini adalah :

Hasil analisis menyatakan bahwa  Reliability berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Wajib Pajak dengan nilai koefisien regresi 0.239 dan memberikan nilai t hitung sebesar 2,711 dan dengan nilai signifikansi sebesar 0.007 dimana lebih kecil dari 0.05 (α = 5%) maka hipotesa pertama menyatakan pengaruh positif dan signifikan antara Reliability terhadap Motivasi Wajib Pajak.Berdasarkan bahwa hasil analisis menyatakan bahwa  Responsiveness  berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Wajib Pajak dengan nilai koefisien regresi 0.221 dan memberikan nilai t hitung sebesar 2,434 dan dengan nilai signifikansi sebesar 0.0016. Dimana lebih kecil dari 0,05 ((α = 5%) maka hipotesa kedua menyatakan pengaruh positif dan signifikan antara Responsiveness terhadap Motivasi Wajib Pajak.

Berdasarkan hasil analisis menyatakan bahwa Assurance  berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Wajib Pajak dengan nilai koefisien regresi 0,124 dan memberikan nilai t hitung sebesar 2,263. Berdasarkan hasil analisis menyatakan bahwa Emphaty   berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Wajib Pajak dengan nilai koefisien regresi 0,209 dan memberikan nilai t hitung sebesar 1.587 Berdasarkan hasil analisis menyatakan  bahwa Tangible   berpengaruh tidak  signifikan terhadap Motivasi Wajib Pajak dengan nilai koefisien regresi 0,223 dan memberikan nilai t hitung sebesar 1.241 Berdasarkan bahwa hasil analisis menyatakan  Trust berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Wajib Pajak dengan nilai koefisien regresi 0,042 dan memberikan nilai t hitung sebesar 0,485

 

Kata kunci : kualitas pelayanan, kepercayaan, wajib pajak, motivasi wajib pajak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.