PERANCANGAN VEKTOR KENDALI SPWM INVERTER SEBAGAI KONTROL MOTOR TURBIN ANGIN PADA GENERATOR INDUKSI 3 FASA

Heru Heru Danarbroto

Sari


Metode vektor kontrol SPWM inverter merupakan metode pengaturan vektor tegangan yang digabungkan dengan pengaturan amplitudo dan frekuensi untuk mengendalikan kecepatan motor induksi melalui teknik pengendalian inverter. Pengaturan vektor berfungsi untuk mentransformasikan sistem arus 3 fasa kerangka acuan tetap (a,b,c) menjadi elemen dua fasa kerangka acuan tetap (α,β) melalui transformasi clarke. Kemudian dari kerangka acuan tetap diubah menjadi elemen dua fasa kerangka acuan bergerak (d,q) melalui transformasi park.Didalam sistem 2 fasa inilah analisis vektor ruang dilakukan untuk menghasilkan konfigurasi penyaklaran IGBT pada rectifier atau inverter.
Spacevector PWM ditujukanuntukmembentuktegangankeluarandari PWM converter mendekatiteganganreferensinyamelalui proses switching dari 8 konfigurasipenyaklaran IGBT yang dihasilkandari 6 buah vector yang membentuk 6 interval waktu yang masing-masing tergeser 600 danduabuahvektortegangannol (zero voltage vectors) yang berada di pusatkoordinat.
Dengan metode ini berhasil meningkatkan efisiensi kerja motor-generator induksi melalui peningkatan kerja inverter 3 fasa jika dibandingkan dengan teknik SPWM ataupun scalar kontrol yang hanya menitik beratkan pada pengendalian frekuensi dan tegangan tanpa mempertimbangkan acuan gerak stator motor.
Kata kunci : Space vector control, Rectifier, Inverter, Transformasi Clarke, Transformasi Park.


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.37760/neoteknika.v1i1.351

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TerIndek :

GOOGLE SCHOLAR


DESKRIPSI GAMBAR