PENGARUH LDR, NPL, NIM, BOPO, CAR DAN SUKU BUNGA TERHADAP PROFITABILITAS PADA SEKTOR PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2009-2013

Diyah Pamularsih

Abstract


Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya yaitu menghimpun dana dari masyarakat, menyalurkan dana kepada masyarakat, dan melakukan jasa-jasa lain dibidang perbankan. Atau dengan kata lain bank sebagai lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan (financial intermediary), yaitu perantara antara pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak-pihak yang membutuhkan dana. Oleh karena itu bank harus dapat menjaga kepercayaan masyarakat dengan menjamin tingkat likuiditas juga beroperasi secara efektif dan efisien untuk mencapai profitabilitas yang tinggi. Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa sektor perbankan mempunyai peran penting sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dalam kurun waktu penelitian 2008-2013. Jumlah bank yang go publik sampai dengan tahun 2013 adalah sebanyak 31 bank. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji validitas dan Reliabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tidak ada pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap ROA.  Dengan demikian hipotesis pertama yang menunjukan CAR mempengaruhi ROA (DITOLAK).Ada pengaruh LDR terhadap ROA. Dengan demikian hipotesis kedua yang menunjukan LDR  mempengaruhi ROA (DITERIMA).Ada pengaruh NPL terhadap ROA. Dengan demikian hipotesis kedua yang menunjukan NPL  mempengaruhi ROA (DITERIMA). Tidak ada pengaruh NIM terhadap ROA. Dengan demikian hipotesis kedua yang menunjukan NIM mempengaruhi ROA (DITOLAK). Ada pengaruh BOPO terhadap ROA. Dengan demikian hipotesis kedua yang menunjukan BOPO mempengaruhi ROA (DITERIMA).Tidak ada pengaruh suku bunga terhadap ROA. Dengan demikian hipotesis kedua yang menunjukan suku bunga mempengaruhi ROA (DITOLAK).

 

Kata kunci : LDR, NPL, NIM, BOPO, CAR, Suku Bunga dan ROA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.