PENGARUH PROFITABILITAS, SIZE, GROWTH OPPORTUNITY, LIKUIDITAS DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL BANK (Studi Pada Perusahaan Perbankan Di BEI Tahun 2009-2013)

Rita Puji Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh profitabilitas, size, growth opportunity, likuiditas dan struktur aktiva terhadap struktur modal bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013.

Sampel penelitian sebanyak 26 perusahaan Perbankan di BEI, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel dengan cara menetapkan kriteria-kriteria tertentu selama 5 tahun sehingga jumlah data sebanyak 130. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan negative antara profitabilitas terhadap struktur modal secara parsial, tidak ada pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan (size) terhadap struktur modal secara parsial, tidak ada pengaruh yang signifikan antara growth opportunity terhadap struktur modal secara parsial, ada pengaruh yang signifikan dan negatif antara likuiditas terhadap struktur modal  secara parsial dan ada pengaruh yang signifikan dan positif antara Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal secara parsial.

Saran yang dapat ditemukan setelah melakukan analisis penelitian ini yaitu investor hendaknya menanamkan sahamnya pada perusahaan yang memiliki struktur aktiva yang tinggi karena akan meningkatkan struktur modal perusahaan.

 

 

Kata kunci : profitabilitas, size, growth opportunity, likuiditas, struktur aktiva dan struktur modal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.