ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA ( Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2011 - 2013 )

Nurul Dianasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis PerbedaanKinerja Keuangan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional Yang Terdaftar Di Bank Indonesia.

          Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankkan yang terdaftar di bank indonesia tahun 2011-2013. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Purposive Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent sample t test.  

          Hasil pengujian pada variabel CAR terdapat perbedaan yang signifikan, selain itu menunjukkan bahwa CAR di bank konvensional lebih baik daripada di bank syariah.hasil pengujian pada variabel ROA tidak terdapat perbedaan yang signifikan, selain itu menunjukkan bahwa ROA di bank konvensional lebih baik daripada di bank syariah.hasil pengujian pada variabel NPL/NPF terdapat perbedaan yang signifikan. Selain itu menunjukkan bahwa NPL/NPF di bank syariah lebih baik  daripada di bank konvensional. hasil pengujian pada variabel LDR terdapat perbedaan yang signifikan antara bank konvensional dan bank syariah, selain itu menunjukkan bahwa LDR di bank syariah  lebih baik daripada di bank konvensional.

Hasil pengujian pada variabel BOPO tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara bank konvensional dan bank syariah, selain itu menunjukkan bahwa BOPO di bank konvensional lebih baik daripada di bank syariah.berdasarkan hasil perhitungan dan pengolahan secara statistik perbandingan pada rasio keuangan antara perbankan syariah dengan perbankan konvensional menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci : CAR, ROA, NPL, LDR, BOPO, NPM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.