PENGARUH PAJAK HOTEL & RESTORAN, RETRIBUSI DAERAH DAN PAJAK DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA KABUPATEN/KOTA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2007 – 2012

Siti Rochimah, Kharis Raharjo, Abrar Oemar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak hotel & restoran, retribusi daerah dan pajak daerah terhadap pendapatan asli daerah pada Kabupaten / Kota di Jawa Tengah.

Penelitian dilakukan menggunakan data tahun 2007 – 2012 untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Pajak Hotel & Restoran, Retribusi Daerah dan Pajak Daerah terhadap Belanja Daerah dengan mengambil obyek penelitian yaitu Kabupaten/Kota di Jawa Tengah yang berjumlah 35 kab/kota.Metode analisis data menggunakan regresi linier.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara Pajak Hotel & Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah, (2) ada pengaruh yang signifikan dan positif antara Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah.

Saran dari hasil penelitian yaitu Pendapatan asli daerah yang diperoleh kabupaten / kotamadia di Provinsi Jawa Tengah penting untuk ditingkatkan agar kabupatan / kota dapat mengalami pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi karena pendapatan asli daerah untuk perkembangan wilayah yang diterimanya akan meningkat. Cara yang dapat dilakukan pemerintah daerah kab/kota antara lain dengan meningkatkan penerimaan pajak daerah dan meningkatkan retribusi daerah agar meningkatkan pendapatan asli daerah untuk kepentingan masyarakat.

Kata kunci : pajak hotel dan restoran, retribusi daerah, pajak daerah dan pendapatan asli daerah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.