PENGARUH PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN RASIO-RASIO KEUANGANNYA TERHADAP KONDISI KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2009-2013

Fadila Fani, Kharis Raharjo, Abrar Oemar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh secara parsial maupun simultan (bersama-sama) penyajian laporan keuangan, likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas terhadap kondisi kesehatan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013 yang membagikan laporan neraca dan laba rugi secara berturut-turut dari tahun 2009-2013. Sampel yang digunakan adalah sebagian perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI sektor Consumer Goods yang memberikan laporan neraca dan laba rugi secara berturut-turut dari tahun 2009-2013 dan diperoleh sampel 125 perusahaan.

Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling menggunakan metode time series analysis. Jenis datanya menggunakan data sekunder yang di dapat dari Indonesian Stock Exchange (IDX) Kantor Perwakilan Semarang dengan metode pengumpulan data secara dokumentasi. Yang dianalisis menggunakan tehnik analisis regresi berganda.

Hasil analisis yang didapat menunjukkan bahwa : (1) Penyajian laporan keuangan tidak berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keuangan. (2) Rasio likuiditas yang diukur dengan current ratio, quick ratio, dan cash ratio semuanya tidak berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keuangan. (3) Rasio profitabilitas yang diukur dengan menggunakan groos profit margin dan return on equity tidak berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keuangan, namun jika diukur dengan nett profit margin dan return on investment berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keuangan. (4) Rasio solvabilitas yang diukur dengan debt ratio tidak berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keuangan, sedangkan debt to equity ratio berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keuangan. (5) Penyajian laporan keuangan, likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas berpengaruh terhadap kondisi kesehatan keuangan. (6) Pengaruh penyajian laporan keuangan, likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas terhadap kondisi kesehatan keuangan sebesar 82,4 % (Adjusted R Squere).

Kata Kunci :    Penyajian Laporan Keuangan (Penyajian LP), Likuiditas (CR, QR, KR),  Profitabilitas (GPM, NPM, ROI, ROE), Solvabilitas (DR, DER)  dan Kondisi Kesehatan Keuangan (ZS)

   

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.