PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS,PROFITABILITAS, AKTIVITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR PADA BEI PERIODE 2007-2013

Dewi Fitriana, Rita Andini, Abrar Oemar

Abstract


Bagi perusahaan publik nilai perusahaan yang biasanya dicerminkan oleh harga pasar (market price) saham perusahaan tersebut. Para investor membeli saham biasa karena mereka mengharapkan suatu imbalan (return) atas investasi mereka.Melihat risiko yang ada maka untuk pengambilan keputusan ekonomi, para pelaku bisnis membutuhkan informasi tentang kondisi dan return atau pendapatan dari perusahaan. Informasi tersebut mempunyai peranan yang sangat besar dalam keputusan investasi.Return saham dapat dipengaruhi oleh faktorrasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, dan kebijakan dividen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, dan kebijakan dividen terhadap returnsaham perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2007-2013.
Penelitian ini menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, dan kebijakan dividen sebagai variabel independen dan returnsaham sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling.Sampel yang digunakan adalah perusahaan sector pertambanganyang terdaftar di BEI yang menerbitkan laporan tahunan selama periode pengamatan (2007-2013).Analisis yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif, meliputi analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan analisis kebaikan model.
Berdasarkan hasil pengujian, terbukti bahwa secara parsial, rasio solvabilitasberpengaruh negatifterhadap return saham, rasio profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap return saham, sedangkan rasio likuiditas dan rasio aktivitas tidak berpengaruh terhadap return saham. Berdasarkan uji-F yang dilakukan dan hasil analisis regresi linier berganda di atas dapat diketahui bahwa model regresi dapat dipergunakan untuk memprediksi return.Return sahammampu dijelaskan oleh variabel independen yaitu rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, profitabilitas dan kebijakan dividen sebesar 20,1%.
Kata kunci :likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas, kebijakan dividen, returnsaham.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.