PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP LIKUIDITAS DIMEDIASI NET PROFIT MARGIN (STUDI KASUS PADA PT. “ CFU” SEMARANG PERIODE 2013-2017)

Ari Pranaditya

Abstract


Pada prinsipnya nilai suatu perusahaan dapat dipengaruhi oleh perputaran modal kerja dan perputaran persediaan. Adanya analisis atas perputaran modal kerja dan perputaran persediaan bagi setiap perusahaan sangat penting dilakukan guna mengetahui kondisi keuangan perusahaan saat ini dan situasi keuangan pada masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja dan perputaran persediaan secara parsial terhadap Net Profit Margin dan profitabilitas serta mengetahui pengaruh Net Profit Margin terhadap likuiditas.
Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, yang berhubungan dengan obyek penelitian, yaitu PT. “CFU” Semarang, perusahaan yang bergerak di bidang meubel, berupa data keuangan dari tahun 2013 sampai dengan 2016. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji goodness of fit.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa perputaran modal kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Profit Margin, namun berpengaruh negatif dan signifikan terhadap likuiditas. Perputaran persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Profit Margin dan likuiditas. Net Profit Margin pengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas. Kebijakan yang perlu dilakukan manajemen yaitu meningkatkan pengelolaan perputaran modal kerja dan perputaran persediaan, agar dapat meningkatkan Net Profit Margin perusahaan yang berdampak positif terhadap likuiditas.
Kata kunci: perputaran modal kerja, perputaran persediaan, net profit margin dan likuiditas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.