PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARUTAN ASAM BASA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI (STUDI KASUS SISWA KELAS XI IPA3 SMA NEGERI 1 ROWOSARI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

Khusna Baeti

Sari


Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar larutan asam basa sehingga rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah proses peningkatan hasil belajar asam basa dengan menggunakan pendekatan inkuiri bagi siswa kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran 2017/2018? Seberapa besar peningkatan hasil belajar larutan asam basa dengan menggunakan pendekatan inkuiri bagi siswa kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran 2017/2018? Bagaimanakah perubahan prilaku siswa setelah belajar larutan asam basa dengan menggunakan pendekatan inkuiri bagi siswa kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran 2017/2018?
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar dan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar, serta perubahan prilaku siswa setelah belajar menggunakan pendekatan inkuiri bagi siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Rowosari semester 2 Tahun 2017/2018.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus antara lain siklus 1 dan siklus 2. Selanjutnya langkah-langkah dari tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Rowosari pada siklus II sudah bagus, proses belajar sangat menyenangkan cara guru mengajar tidak konvensional tetapi sudah menerapkan pendekatan inkuiri. Peningkatan hasil belajar kondisi awal dibanding dengan hasil belajar siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yaitu kondisi awal nilai rata-rata 74,04 ketuntasan belajar 61,54%, hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata 78,65 ketuntasan belajar 73,08% dan hasil belajar di siklus II nilai rata-rata 80,00 dengan ketuntasan 92,31%. Perubahan perilaku siswa pada kondisi awal dibanding siklus I dan siklus II siswa semakin disiplin, kerja sama dan tanggung jawab antar siswa menjadi sangat baik.
Kata kunci: Hasil belajar, Larutan asam basa, Pendekatan inkuiri


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.