PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI BIMBINGAN KOLABORATIF MKKS GUGUS SEKOLAH PADA SEKOLAH BINAAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hery Wuryanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Melalui Supervisi Bimbingan Kolaboratif  MKKS Gugus Sekolah Pada Sekolah Binaan Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini dilaksanakan selama 5 (lima) bulan yaitu mulai bulan Januari sampai dengan Juni 2018. Tempat penelitian di SMA Binaan Kabupaten Klaten yaitu SMA Negeri 1 Ceper, SMA Negeri 1 Bayat dan SMA Negeri 1 Wedi, dengan mengambil subjek penelitian adalah guru Fisika sejumlah 2 orang.

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah, dengan menggunakan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu: planning (perencanaan), action (pelaksanaan), observation (pengamatan), reflection (refleksi). Tehnik  pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara. observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi Bimbingan Kolaboratif MKKS gugus Sekolah dapat meningkatkan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas kepala sekolah dalam mengikuti bimbingan kolaboratif melalui MKKS gugus sekolah yang ditunjukkan dengan kenaikan skor rata-rata pada siklus I sebesar 64,06% menjadi 84,46% pada siklus ke II.  Peningkatan Sikap dan minat kepala sekolah  dari skor 77,11% pada siklus I menjadi 85,89% pada siklus ke II. Ada peningkatan secara kualitas dokumen RKJM pada siklus 2, RKJM yang sudah sesuai dan sangat sesuai ada 29,67% dan 55,89% pada siklus ke II dari yang semula pada siklus I 29,27% dan 40,85%.

 

Kata kunci :   Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi, Bimbingan Kolaboratif MKKS Gugus Sekolah

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.