GAYA KEPEMIMPINAN, JENJANG KARIR, LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA DENGAN KOMUNIKASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CV. ISA GRAFIKA SEMARANG

Firsta Riopras Rinaldi, Heru Sri Wulan, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja melalui variabel intervening komunikasi. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan, jenjang karir, lingkungan kerja. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan CV. Isa Grafika yang berjumlah 91 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah analisis regresi linier berganda yang mencakup Uji T, Uji F, Uji Hipotesis dan Koefisien Determinasi dan untuk menguji mediasi antara Komunikasi Terhadap Kepuasan kerja menggunakan Uji Sobel Test. Semua data diolah dengan menggunakan Program SPSS 20.0 yang terlebih dahulu diuji menggunakan Uji Asumsi Klasik yang meliputi Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolinieritas.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa : Gaya kepemimpinan (X1) tidak berpengaruh terhadap komunikasi (Y1). Jenjang karir (X2) berpengaruh terhadap komunikasi (Y1). Lingkungan kerja (X3) tidak berpengaruh terhadap komunikasi (Y1). Gaya kepemimpinan (X1) tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja (Y2). Jenjang karir (X2) berpengaruh terhadap kepuasan kerja (Y2). Lingkungan kerja (X3) berpengaruh terhadap kepuasan kerja (Y2). Komunikasi (Y1) berpengaruh terhadap kepuasan kerja (Y2).
Kata kunci: gaya kepemimpinan, jenjang karir, lingkungan kerja, komunikasi dan kepuasan kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.