IMPACT OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, INVESTMENT OPPORTUNITY SET AND CAPITAL STRUCTURE ON COMPANY VALUE WITH PROFITABILITY AS A MODERATING VARIABLE (Empirical Study on Food and Beverages Companies Registered on Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2013-2017)

Teguh Setyo, Dheasey Amboningtyas, Aziz Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang dampak corporate social responsibility, investment opportunity set dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating pada perusahaan food and beverages yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange (IDX) tahun 2013-2017.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 perusahaan food and beverages yang terdaftar di IDX periode tahun 2013-2017 dan didapat 12 perusahaan sampel dengan total 60 pengamatan. Pengambilan data dalam penelitian ini diambil dari data dokumentasi yaitu data sekunder dengan metode puposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pendekatan MRA (Moderated Regression Analyze).
Hasil pengujian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility, Investmen Opportunity Set dan struktur modal secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian MRA (Moderated Regression Analyze) menunjukkan bahwa profitabilitas mampu memoderating corporate social responsibilty dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan, tetapi profitabilitas tidak mampu memoderating struktur modal terhadap nilai perusahaan.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambah jumlah variabel dan sampel penelitian serta memperpanjang periode pengamatan dalam penelitian.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Investment Opportunity Set, Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.