EFFECT OF COMPENSATION, TRAINING AND CONFLICT TOWARDS BEHAVIOR ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP MODIFIED QUALITY OF WORK LIFE (Case Study of Production Employees at PT.Glass Root Semarang)

Fajar Sasongko, Maria M Minarsih, Heru Sri Wulan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, pelatihan dan konflik terhadap organizational citizenship behavior dimoderasi kualitas kehidupan kerja karyawan PT Glass Root Semarang. Populasi dalam penelitian
ini adalah berdasarkan informasi dari Manager HRD PT. Glass Root Semarang, dimana jumlah karyawan bagian produksi pada saat penelitian sebanyak 78 orang sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini ditentukan melalui metode sensus, yaitu sebanyak 100 % atau keseluruhan dari total populasi karyawan yang bekerja di bagian produksi PT. Glass Root Semarang dipilih untuk menjadi responden penelitian. Output PSS menunjukkan Variabel kompensasi (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (Y). Variabel pelatihan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (Y). Variabel konflik (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behaviour (Y). Variabel kualitas kehidupan sebagai potensial moderator belum mampu memoderasi hubungan antar kompensasi, pelatihan dan konflik terhadap organizational citizenship behavior.
Kata Kunci : Kompensasi, Pelatihan, Konflik, Organizational Citizenship Behaviour, Kualitas Kehidupan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.