THE EFFECT OF PRICES, TAXES, AND POPULATION ON THE INCOME OF MICRO, SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES WITH BUSINESS ETHICS AS AN INTERVENING VARIABLE (Case Study Of Micro, Small And Medium Enterprises In Pringapus District)

Nanda Mentari Farida, Edward Gagah PT, Patricia Diana Paramita

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna melihat pengaruh dari variabel harga, pajak dan jumlah penduduk terhadap pendapatan dengan etika bisnis sebagai variabel intervening pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kawasan Kecamatan Pringapus. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang ada di Kecamatan Pringapus yang berjumlah 171 UMKM dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan dilanjutkan dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga didapatkan 63 UMKM yang kemudia dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang kemudian diolah dengan analisis regresi linier berganda dibarengi dengan uji path/ uji sobel dalam program SPSS versi 26.0. Hasil analisis menggambarkan bahwa (1) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap etika bisnis; (2) pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap etika bisnis; (3) jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap etika bisnis; (4) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan; (5) pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan; (6) jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan; (7) etika bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan; (8) etika bisnis tidak mampu memediasi hubungan antara harga terhadap pendapatan; (9) etika bisnis tidak mampu memediasi hubungan antara pajak terhadap pendapatan; serta (10) etika bisnis tidak mampu memediasi hubungan antara jumlah penduduk terhadap pendapatan.
Kata Kunci : Harga, Pajak, Jumlah Penduduk, Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah, Etika Bisnis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.