THE EFFECT OF EDUCATION LEVEL, GENDER, AND BUSINESS TIME ON FINANCIAL LITERATION WITH INCOME LEVEL AS INTERVENING VARIABLES (Case Study of Micro, Small & Medium Enterprises (MSMEs) in Nglebur Village, Blora Regency)

Selis Putri Jayanti, Dheasey Amboningtyas, Edward Gagah PT

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna melihat pengaruh dari variabel tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan lama usaha terhadap literasi keuangan dengan tingkat pendapatan sebagai variabel intervening pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kawasan Desa Nglebur Kabupaten Blora. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang ada di Kawasan Desa Nglebur yang berumlah 116 UMKM dan teknik pengambilan sampel digunakan adalah sensus. Instrumen penelitian diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang kemudian diolah dengan analisis regresi linier berganda dibarengi dengan uji path/ uji sobel dalam program SPSS versi 25.0. Hasil analisis menggambarkan bahwa (1) tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan; (2) jenis kelamin berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan; (3) lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pendapatan; (4) tingkat pendapatan berpenagruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan ; (5) Jenis kelamin berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan; (6) Lama Usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan; (7) Tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan; (8) Tingkat pendapatan tidak mampu memediasi hubungan tingkat pendidikan terhadap literasi keuangan; (9) Tingkat pendapatan tidak mampu memediasi hubungan jenis kelamin terhadap literasi keuangan; serta (10) Tingkat pendapatan tidak mampu memediasi hubungan lama usaha terhadap literasi keuangan
Kata Kunci : Tingkat Pendapatan, Jenis Kelamin, Lama Usaha, Literasi Keuangan, Tingkat Pendapatan, UMKM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.