ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN METODE CAMELS ( Studi Empiris Bank Central Asia, Bank Mega, dan Bank Permata Periode Tahun 2016-2020 )

Ika Bela Nur Hikmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui predikat tingkat kesehatan Bank BCA, Bank Mega dan Bank Permata pada periode 2016 hingga tahun 2020. dasar penelitian tingkat kesehatan bank dan perkembangannya meliputi faktor permodalan, kualitas kurva, manajemen, rentabilitas, likuidasi dan sensitivity to market risk.

jenis penelitian ini adalah studi empiris. Data diperoleh dari dokumentasi yang dipublikasikan oleh bank Indonesia. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode CAMELS yang terdiri dari 6 komponen yaitu capital, asset, management, earning, liquidity dan sensitivity to market risk .

berdasarkan hasil analisa tingkat kesehatan bank antara bank BCA, bank Mega dan bank Permata dengan metode CAMELS, maka dapat disimpulkan bahwa bank Mega dinyatakan cukup sehat dengan nilai kredit CAMELS yang stabil dari tahun 2018 sampai tahun 2020 sebesar 66%

 

kata kunci: capital, asset, management, earning, liquidity, sensitivity to market risk, kesehatan bank.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.