PENGARUH MODAL, KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN PROMOSI TERHADAP PEMBERDAYAAN UMKM ( Studi Kasus Pada Pemilik Usaha di Sekitar Pasar Babadan, Ungaran )

PRADONO TRI P, Maria M. Minarsih, Aziz Fathoni

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor pelaku ekonomi nasional di Indonesia. Peran UMKM dinilai sangat penting karena mampu menyerap tenaga kerja dan menjadi penopang perekonomian bagi banyak orang. Namun UMKM juga tidak lepas dari masalah yang harus dihadapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal, kualitas sumber daya manusia dan promosi terhadap pemberdayaan UMKM.

Populasi dalam penelitian ini merupakan para pemilik usaha di sekitar Pasar Babadan, Ungaran, dengan sampel sebanyak 60 orang dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Analisis yang digunakan uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji goodness of fit dalam uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2).

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan dari modal terhadap pemberdayaan UMKM dengan menunjukkan nilai t sebesar 2,932 dengan nilai signifikasi sebesar 0,005, Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas sdm terhadap pemberdayaan UMKM dengan menunjukkan nilai t sebesar 3,292 dengan nilai signifikasi sebesar 0,002. Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari promosi terhadap pemberdayaan UMKM dengan menunjukkan nilai t sebesar 2,744 dengan nilai signifikasi sebesar 0,008. Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel modal, kualitas sdm dan promosi secara bersama - sama atau simultan terhadap variabel pemeberdayaan UMKM. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 78,553 dengan signifikasi sebesar 0,00. Nilai F hitung lebih besar dari F tabel ( 78,553 > 2,77 ) dan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,5 ( 0,00 < 0,05 ).

Bagi para pemilik UMKM Perlu meningkatkan kualitas sdm sehingga mampu meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Selain itu para pemilik juga harus mengembangkan dirinya dalam mencari dan memperoleh sumber - sumber penawaran modal guna mengembangkan usaha yang dimiliki.

 

Kata Kunci : modal, kualitas sumber daya manusia, promosi dan pemberdayaan UMKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.