PENGARUH KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN HUMAN RELATIONS TERHADAP MOTIVASI KERJA YANG RELEVAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Studi pada PT. Morich Indo Fashion Semarang)

Rizki, Dwiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendiskripsikan pengaruh antara kompensasi, lingkungan kerja dan human relation terhadap motivasi kerja yang relevan dengan produktivitas kerja karyawan pada PT. Morich Indo Fashion Semarang. Populasinya adalah karyawan PT. Morich Indo Fashion Semarang. Sedangkan sampelnya adalah karyawan PT. Morich Indo Fashion Semarang sebanyak 98 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Inferensial (kuantitatif), dimana dalam analisis tersebut menggunakan paket program SPSS versi 16.0.

Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel kualitas kompensasi, lingkungan kerja dan human relation terhadap motivasi kerja adalah signifikan. Adjusted R square 0,869 menunjukkan bahwa 86,9 persen dari varian motivasi kerja adalah dijelaskan oleh variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan 21,4 persen lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan Adjusted R square 0,770menunjukkan bahwa 77,0persen dari varian motivasi kerja adalah dijelaskan oleh variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan 23,0 persen lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.

Sebaiknya pada penelitian berikut lebih memperluas obyek penelitian serta mencari ruang lingkup populasi yang lebih luas, sampel yang digunakan sebaiknya juga lebih banyak, dengan demikian peneliti lanjutan dapat semakin memberikan gambaran yang spesifik.

 

Kata kunci : kompensasi, lingkungan kerja, human relation, motivasi, produktivitas kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.