PENGARUH FAKTOR MASA KERJA, KOMPENSASI DAN PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI DINAS BINA MARGA PROVINSI JAWA TENGAH DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Vidya Arty Septiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Faktor Masa Kerja, Kompensasi dan Pendidikan terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Dengan Produktivitas Kerja Sebagai Variabel Intervening.. Berdasarkan dari rumus slovin, didapat sampel yang diambil untuk penelitian ini sebanyak 56 orang pegawai kantor pusat Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji linier berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi (R2). Data-data diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS versi 16.

            Hasil penelitian menunjukkan analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda 2 tahap. Nilai Koefisien Determinasi sebesar 0,857 memnunjukkan bahawa 85,7% dari varian motivasi kerja dan sisanya 14,3% dijelaskan variabel lain. Sedangkan koefisien detrerminasi 80,1 % dari varian produktivitas kerja dan sisanya 19,9% dijelaskan variabel lain. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa masa kerja, kompensasi dan pendidikan secara simultan berpengaruh positif terhadap motivasi kerja pegawai diterima. Dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja diterima.

Kata Kunci : Masa kerja, kompensasi, pendidikan, motivasi dan produktivitas kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.