PENGARUH BANTUAN LANGSUNG SEMENTARA MASYARAKAT (BLSM) DAN KENAIKKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG)

Adi Rahman, Azis Fathoni, Maria Mimin Minarsih

Abstract


Kesejahteraan  sosial  merupakan keadaan  kesejahteraan  sosial  maksimum  tercapai  bila  tidak ada  seorangpun yang dirugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan kenaikkan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap kesejahteraan masyarakat (studi kasus di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang).

Populasi dalam penelitian ini adalah  kepala keluarga di kelurahan Banyumanik Kota Semarang  dengan sampel 100 orang dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsiklasik, analisis regresi berganda dan uji t serta uji F.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan dari variabel Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) terhadap kesejahteraan masyarakat  masyarakat di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang dengan nilai koefisien regresi 0,470 dan nilai t hitung (4,253) > t tabel (1,661). Ada pengaruh negatif signifikan dari variabel kenaikkan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap kesejahteraan masyarakat masyarakat di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang dengan nilai koefisien regresi -0,140 dan nilai t hitung (-2,089)< t tabel (-1,661). Ada pengaruh yang signifikan dari variabel Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan kenaikkan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap kesejahteraan masyarakat  masyarakat di Kelurahan Banyumanik Kota Semarang dengan nilai F hitung (13,082) > F tabel (3,091) dan sign (0,000) < sign a (0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh antara variabel

Hendaknya pemerintah pemerintah melakukan survey mendasar untuk menentukan saat dan besarrnya kenaikan BBM.

 

Kata Kunci:  Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan kenaikkan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap kesejahteraan masyarakat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.