PENGARUH CITRA MEREK, SIKAP MEREK DAN KESADARAN MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK SUSU FRISIAN FLAG (Studi Kasus di Kecamatan Tembalang Semarang)

Chamid Abdul B, Leonardo Budi Hasiolan, Andi Tri Haryono

Abstract


Seiring dengan kondisi persaingan yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai upaya guna meraih pangsa pasar terbesar dan mendapatkan loyalitas pelanggan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan membentuk identitas produk yang kuat melalui persaingan merek, mengingat pada saat ini persaingan tidak hanya terbatas pada atribut fungsional produk, melainkan sudah dikaitkan dengan merek yang mampu memberikan citra khusus bagi pemakainya. Dengan demikian, konsumen akan menawarkan kepercayaan dan loyalitasnya apabila suatu merek mampu menyediakan utilitas bagi mereka melalui kinerja produk yang konsisten

Populasi dalam penilitian ini adalah pelanggan pengguna Susu Frisian Flag di Kecamatan Tembalang Semarang. sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik sampling berdasarkan kriteria tertentu. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji validitas dan Reliabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek terhadap ekuitas merek. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai t hitung untuk citra merek adalah 5,439 dengan signifikansinya sebesar 0,000, sedangkan nilai t tabel diketahui sebesar 1,985 sehingga nilai t hitung =5,439 > nilai t tabel = 1,985. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara citra merek terhadap ekuitas merek (Y). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap merek  terhadap ekuitas merek. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai t hitung untuk sikap merek  adalah 7,724 dengan signifikansinya sebesar 0,000, sedangkan nilai t tabel diketahui sebesar 1,985 sehingga nilai t hitung = 7,724 > nilai t tabel = 1,985. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara sikap merek  terhadap ekuitas merek (Y). Terdapat pengaruh  yang positif dan signifikan antara kesadaran  merek  terhadap ekuitas merek. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk Kesadaran merek  adalah 3,791 dengan signifikansinya sebesar 0,000, sedangkan pada taraf signifikansi sebesar 0,025 dengan df sebesar = 96 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,985 sehingga nilai t hitung = 3,791 > nilai t tabel = 1,985. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kesadaran merek  terhadap ekuitas merek (Y).

 

Kata kunci : ekuitas merek, citra merek, sikap merek dan kesadaran merek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.