PENGARUH WORD OF MOUTH, TINGKAT PENDAPATAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG BERDAMPAK PADA MINAT BELI ULANG KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PRODUK BANDENG JUWANA ELRINA SEMARANG)

Dwiki Rachamawati D, Maria Magdalena M, Patricia Dhiana P

Abstract


Saat ini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat membuat para pengusaha mencari strategi yang tepat untuk memasarkan produknya.  Dalam konsep pemasaran perusahaan harus mampu memahami konsumennya secara keseluruhan agar dapat maju dan berkembang. Perlunya memahami ini didasarkan atas pikiran bahwa konsumen merupakan pasar sasaran produk. Diterima atau tidaknya produk yang dipasarkan akan sangat tergantung dari penerimaan konsumen, maka konsumen tentu akan membelinya. Sebaliknya jika produk tersebut dianggap belum mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen akan lebih memilih untuk tidak membelinya.

populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran No. 57 Semarang secara langsung ke dari tanggal 2 Januari sampai 30 Juni 2014 yang berjumlah 53.147 orang yang ditemui oleh peneliti tanpa membedakan jenis kelaminnya. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang terlebih dahulu diuji dengan menggunakan uji validitas dan Reliabilitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara word of mouth terhadap keputusan pembelian. Artinya semakin tinggi word of mouth maka keputusan pembelian akan meningkat. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian. Artinya semakin tinggi tingkat pendapatan maka keputusan pembelian akan meningkat. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Artinya semakin tinggi kualitas produk maka keputusan pembelian akan meningkat. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keputusan pembelian terhadap minat beli ulang.

 

Kata kunci : pengaruh word of mouth, tingkat pendapatan, kualitas produk, keputusan pembelian dan minat beli ulang konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.