PENGARUH KOMPENSASI DAN TRAINING TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI (Studi pada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah)

Supriyono, Mukeri, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Bagi Organisasi dengan kondisi lingkungan yang berubah dengan cepat terutama dibidang teknologi, maka mau tidak mau harus memperhatikan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, karena sumber daya manusia sebagai aset penting berpengaruh bagi perkembangan dan keberadaan organisasi tersebut.

Dalam penelitian ini populasi yang akan diteliti adalah pegawai di Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah sebanyak 104 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 104 orang.

Hasil penelitian menunjukkan kompensasi berpengaruh positif terhadap motivasi kerja pegawai, hasil perhitungan uji secara parsial diperoleh nilai t hitung sebesar 4,163 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signfikansi lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung (4,163) lebih besar dari t tabel (1,984) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Variabel Training berpengaruh positif terhadap motivasi kerja, hal ini ditunjukkan nilai t hitung sebesar 4,131 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan nilai t hitung (4,131) lebih besar dari t tabel(1,984) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel Kompensasi dan training secara simultan berpengaruh terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah. Hal ini ditunjukkan nilai Sig 0,000 lebih kecil daripada 0,05 dan f hitung sebesar 21,263 lebih besar disbanding f tabel (3,09). Dengan demikian model regresi antara variabel Kompensasi dan Training terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dinyatakan fit atau layak.

 

 

  Kata kunci : Kompensasi,Training,Motivasi Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.