PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY GEMINI (Studi pada Mahasiswa Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang)

Ujang Setiawan, Patricia Dhiana P, Andi Tri Haryono

Abstract


Beberapa tahun terakhir ini, dunia dipenuhi dengan tumbuh pesatnya industri  telekomunikasi yang menjadi cermin dari tingginya kebutuhan akan informasi yang mudah diakses masyarakat. Telepon seluler (ponsel) merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan cepat dari tahun ketahun. Banyak bermunculan merek-merek baru di dunia persaiangan telepon seluler yang saling berlomba untuk menciptakan produk unggulan mereka.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalissis pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. penelitian ini menggunakan populasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang 2013–2014. Jumlah mahasiswa Universitas Pandanaran yang di jadikan sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan tahun 2013–2014. Berdasarkan metode purposive sampling.

Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Jenis dan sumber data yaitu data sekunder dan primer, Sumber data kuesoner dari hasil jawaban seluruh responden. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas, serta lolos dari uji normalitas kemudian bebas dari dari mulikolinieritas dan heteroskedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian Handphone BlackBerry Gemini dengan nilai signifikan sebesar 0,022, harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian  Handphone BlackBerry Gemini dengan nilai signifikan sebesar 0,001, kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian  Handphone BlackBerry Gemini dengan nilai signifikan sebesar 0,010, gaya hidupberpengaruh terhadap keputusan pembelian Handphone BlackBerry Gemini dengan nilai signifikan sebesar 0,049.

Kata Kunci     : Citra merek, Harga, kualitas produk, gaya hidup, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.