PENGARUH GOOD GOVERNANCE, PENGENDALIAN INTERN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KEUANGAN KODAM IV DIPONEGORO YANG BERKEDUDUKAN DI SEMARANG

Achmad Budiono, Aziz Fathoni, Maria Magdalena Minarsih

Abstract


Dalam melaksanan pembangunan disemua bidang kehidupan bangasa yaitu untuk mencapai kehidupan hari esok yang lenih baik dan lebih adil berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, maka untuk mewujudkan semua itu perlu didukung semua pihak terutama pelaku pembangunan itu sendiri. Manusia sebagai pelaku pembangunan, merupakan faktor terpenting untuk mencapai pembangunan tersebut. Kantor Keuangan Kodam VII Diponegoro selain bertugas membantu tugas tugas Pangdam Diponegoro dalam hal ini kantor keuangan Pagdam dalam menyelenggarakan pemerintahan, juga memiliki fungsi penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman kepada masyarakat.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai di Kantor Keuangan Kodam IV Diponegoro Semarang yang berjumlah 50 orang. Sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus artinya jika elemen populasi relatif sedikit dan variabilitas setiap elemennya tinggi(heterogen). Sensus lebih banyak dilakukan jika penelitian dimaksudkan untuk menjelaskan setiap elemen dari populasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaukan terhadap seluruh data yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan sebagai beikut : Good Governance, Pengendalian Internal dan Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Hal ini dibuktikan dengan (t hitung = 2.274 , 22.054 , 6.407) > (tabel = 1,659) dan p value (Sig) = 0,025 <0.05.
Kata Kunci: Good Governance , Budaya Organisasi , Pengendalian Internal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.