PENGEMBANGAN SARANA DAN PRASARANA PERMUKIMAN GUNA PERBAIKAN KESEJAHTERAAN MELALUI PENINGKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DUSUN MANTRAN WETAN KABUPATEN MAGELANG

Yohanes Dicky Ekaputra, Margareta Maria Sudarwani, Dewi Fatmasari

Abstract


Pembangunan di kawasan perdesaan yang dilakukan hanya dengan pertimbangan ekonomi dan komersial kawasan semata, cenderung semakin mengabaikan nilai tradisi setempat sehingga menyebabkan terjadinya pergeseran terhadap nilai-nilai sosial budaya serta fisik lingkungan. Dampak yag sangat nyata dirasakan adalah tingkat kesejahteraan masyarakat perdesaan yang cenderung semakin menurun seiring dengan menurunnya kualitas fisik lingkungan, serta menurunnya kinerja prasarana dan sarana lingkungan permukiman.
Pergeseran nilai tersebut menimbulkan dampak perubahan pada tatanan lingkungan binaan seperti terjadinya perubahan wajah lingkungan permukiman baik dari aspek sosial budaya, fisik lingkungan maupun kesejahteraan dan tingkat pendapatan masyarakatnya (Eko Budihardjo, 1983).
Kegiatan Pengabdian Universitas Pandanaran Semarang yang berlokasi di Dusun Mantran Wetan Desa Girirejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah ini, secara umum bertujuan untuk menggali partisipasi aktif warga masyarakat, mulai dari menemu kenali potensi dan permasalahan, mendampingi dalam penyusunan program kebutuhan penanganan permasalahan serta bersama-sama masyarakat menyusun rencana program pembangunan sarana dan prasarana permukiman.
Sebagai desa yang berada pada jalur wisata dari arah Kabupaten Semarang – Salatiga – Kabupaten Magelang, Dusun Mantran Wetan memiliki potensi yang layak dikembangkan sebagai Desa Wisata. Permasalahan prasarana dan sarana lingkungan serta tingkat kesejahteraan masyarakat saat ini menjadi masalah utama yang cukup penting untuk segera diatasi. KKN-PPM Unpand berharap dapat memberikan fasilitasi nyata dalam mengangkat potensi kawasan setempat dan mengatasi permasalahan yang ada untuk mengoptimalkan kawasan menjadi lebih maju, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara lebih mandiri, berkesinambungan dan berkelanjutan.
Kata Kunci : Fisik, Lingkungan Permukiman

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.