PERLUASAN PEMASARAN MELALUI PENINGKATAN CORAK BATIK SEMARANGAN DENGAN TEKNIK DESAIN GRAFIS DI KELURAHAN METESEH KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG

Rekno Sulandjari, Leonardo Budi Hasiolan Retno Djohar Juliani

Abstract


Saat ini, Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang memiliki Kelompok Batik Meteseh yang mempunyai kepengurusan dan anggota dan sudah mulai belajar membuat batik namun belum dapat memproduksi banyak secara komersiil karena keterbatasan pada pengenalan pembuatan motif, ketersediaan alat, dan cara serta peluang memasarkan batik serta link dengan instansi terkait yang dapat memberikan pembinaan, permodalan serta menciptakan peluang pemasaran.
Selama ini hasil produksi masyarakat kelurahan Meteseh hanya menunggu pesanan dari pihak Sanggar Batik Semarang-16 dan Batik Seroja yang sudah mapan untuk memenuhi omset atau pesanan secara global. Namun ketika tidak memiliki order penjualan dari pihak manapun maka tenaga masyarakat terpaksa tidak lagi produktif. Dikhawatirkan bahkan ketrampilan yang sudah dimiliki akan hilang sedikit demi sedikit jika tak terasah secara kontinyu. Dengan melihat potensi dan permasalahan yang melingkupi Kelurahan Meteseh ini maka yang menjadi masalah adalah Kelompok Usaha Batik Meteseh ini mendapatkan bantuan guna meningkatkan kegiatannya baik melalui peningkatan ketrampilan, peningkatan pemasaran dan permodalan. Dengan program pengabdian Universitas Pandanaran berupa KKN-PPM yang bertema Peningkatan Pemasaran Batik Semarangan Melalui Teknik Desain Grafis diharapkan menstimuli dan memberikan angin segar KBM untuk berkembang dan menjadi usaha home industry yang mandiri dan mapan. Sehingga bisa bersaing dengan pengrajin batik Semarangan lainnya.
Kata Kunci : Batik semarangan, pemasaran, teknik Desain Batik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.