STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN PADA PT TIKI JNE

Rekno Sulandjari, Alvin Nanda

Sari


Strategi public relations merupakan bagian penting dari langkah yang
diambil perusahaan guna meningkatkan citra perusahaan. Pandangan positif
masyarakat terhadap perusahaan akan berakibat pada loyalitas dan kepuasan
pelanggan. PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir merupakan perusahaan jasa
pengiriman logistik yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini membuka banyak
cabang di berbagai kota, salah satunya adalah Semarang. Sebagai perusahaan jasa,
PT Tiki JNE berupaya untuk meingkatkan kepercayaan pelanggan terhadap
perusahaan melalui strategi public relations. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
strategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE untuk meningkatkan
citra perusahaannya di mata pengguna jasa pengiriman. Penulis menggunakan
metode penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan melakukan
wawancara, observasi, dan kuisioner, dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan
dari data dan fakta yang didapatkan dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa PT Tiki JNE melakukan strategi pemasaran salah satunya memaksimalkan
peran publikasi iklan untuk membentuk opini positif masyarakat terhadap jasa PT
Tiki JNE. PT Tiki JNE juga turut berupaya menjaga kualitas pelayanan
pengiriman logistik untuk mempertahankan citra perusahaan di mata pelanggan.
Hasil dari pembagian kuisioner terhadap konsumen PT Tiki JNE menunjukkan
bahwa strategi public relations yang dilakukan oleh PT Tiki JNE berpangaruh
positif signifikan terhadap citra perusahaan tersebut.
Kata Kunci: hubungan masyarakat, citra perusahaan, kepuasan pelanggan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.