fektivitas Peran Public Relations Petugas Pelayanan Pada Kepuasan Masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang

Santi Febrianti, Rekno Sulandjari

Sari


Public Relations merupakan suatu usaha yang direncanakan dengan secara
terus-menerus yang dengan sengaja, dengan berguna untuk membangun serta juga
memepertahankan pengertian timbal balik antara organisasi serta juga
masyarakatnya. Negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk
untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik
yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945, membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang
dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus
dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan
penduduk tentang peningkatan pelayanan publik. Ukuran keberhasilan pelayanan
ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Kepuasan pelayanan
dicapai apabila penerima pelayanan memperoleh pelayanan sesuai dengan yang
dibutuhkan dan diharapkan”
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Peran Public
Relations Petugas Pelayanan di Kantor Desa Leyangan dengan Kepuasan
Masyarakat Desa Leyangan. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelayanan di Kantor Desa 3
bulan sebelum dilakukan penelitian yaitu 157 dan disesuaikan menjadi 61
responden.
Dari tabel Tabulasi Silang dapat disimpulkan bahwa jika Peran Public
Relations Petugas Pelayanan dilaksanakan secara baik dan maksimal (tinggi)
maka tingkat kepuasan masyarakat Desa Leyangan Kecamatan Ungaran Timur
memiliki kategori tinggi, sejumlah 95% dari keseluruhan responden. Sehingga
dapat disimpulkan jika terdapat hubungan positif antara Peran Public Relations
pada para petugas Pelayanan Kantor Desa Leyangan pada tingkat kepuasan
masyarakat Desa Leyangan dalam menerima pelayanan.

Kata Kunci: Public Relations, Pelayanan Publik, Kepuasan Pelayanan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.