ANALISIS HASIL BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE SISWA KELAS IVB SD NEGERI BATURSARI 5 KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020

Nabila Puspadewi Sasmitaputri

Sari


Pendidikan merupakan pembelajaran masyarakat yang diharapkan pada tantangan Total Quality Management (TQM) yang bertujuan untuk memiliki relevansi sehingga memberi penekanan pada mutu pelajar ( siswa ). Oleh karenanya peran guru sangat penting untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Karena semua pelajar berbeda satu sama lainnya sehingga mereka butuh model pembelajaran yang cocok dengan kebutuhan dan kecenderungan mereka masing – masing. Institusi pendidikan yang menggunakan prosedur mutu terpadu harus menangkap secara serius isu – isu tentang gaya dan kebutuhan pembelajaran untuk menciptakan strategi individualisasi dan diferensiasi dalam pembelajaran ( Sallis, 2012 : 86 ).

Pendidikan diselenggarakan secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Arti secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) artinya bahwa semua penduduk diharuskan  mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar dan tiga tahun di sekolah menengah pertama. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, nonformal, dan informal. Pendidikan juga dibagi ke dalam empat jenjang, yaitu anak usia dini, dasar, menengah, dan tinggi. Pada pendidikan yang dibagi dalam 4 jenjang tersebut merupakan urutan dari sebuah pendidikan yang telah diatur pada UU No.  20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sugiono ( 2016 : 225 ) menyatakan bahwa dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan secara natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada kegiatan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dengan begitu data yang diperoleh adalah data yang valid atau data yang tidak berubah antara data yang dilaporkan oleh peneliti dengan data yang sesungguhnya terjadi pada objek penelitian.

Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dengan hasil  yang diperoleh,  sekitar 16,67 % (7 orang) orangtua siswa mampu memberikan perhatian, bantuan, dukungan dan pendampingan kepada siswa secara optimal sehingga proses pembelajaran online berlangsung secara kondusif. Kemudian 28,5% (12 orang) tidak bisa sama sekali memberikan perhatian, bantuan, dukungan dan pendampingan pada siswa dikarena orang tua sibuk bekerja, sedangkan 54,6% (23 orang) memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menerima proses pembelajaran online secara mandiri tanpa mendapatkan  perhatian, bantuan, dukungan dan pendampingan secara kontinyu dari orang tua dikarenakan pendidikan orang tua yang rendah sehingga tidak memahami materi yang disampaikan guru kelas IVB SD Negeri Batursari 5, sebab yang lain adalah orang tua sibuk dengan pekerjaan rumah tangga yang tak berkesudahan. Selain itu, hasil belajar akhir siswa kelas IV B SD Negeri Batursari 5 dipengaruhi juga dengan kondisi belajar siswa yang berbeda – beda pula. Dengan demikian maka peneliti dapat menganalisis bahwa hasil belajar akhir siswa kelas IVB tidak hanya dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal saja (sinyal jaringan internet/WIFI, Gadge, lingkungan sekolah) namun juga dipengaruhi oleh faktor-faktor internal (perhatian, dukungan, bantuan dan pendampuingan orangtua kepada siswa selama proses pembelajaran on line berlangsung serta kondisi belajar siswa itu sendiri).

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran scara online tidak terlalu mempengaruhi hasil belajar akhir proses pembelajaran. Bahkan di beberapa siswa kelas IVB SD Negeri Batursari 5 Kecamatan Mranggen Kabipaten Demak mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan adanya peran orangtua yang membantu menerjemahkan apa yang disampaikan guru kepada siswanya.

Kata Kunci :  Analisis, Hasil Belajar Akhir, Pembelajaran On_Line, Siswa


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.