KORELASI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KESE KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO SELAMA PANDEMI COVID-19

Rekno Sulandjari, Fitri Alfiah

Sari


Dalam proses belajar-mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup
penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan
dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan
yang akan disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan
media. Serta dalam suatu lembaga pendidikan harus mempunyai kualifikasi guru
yang baik, agar tidak terjadinya kesenjangan di dalam proses belajar-mengajar.
Dalam arti para calon pendidik harus mempunyai pengalaman dan pengetahuan
yang tinggi dan proses berfikir yang kreatif dalam menyampaikan gagasan kepada
para siswa-siswanya. Selain tenaga pendidik yang berkualitas, saran dan prasarana
sekolah haruslah memadai, dengan begitu para siswa dapat menggunakan dan
memanfaatkan media pembelajaran sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar
dari rumah.
Seorang guru tentu saja harus dapat menerapkan media apa yang paling
tepat dan sesuai untuk tujuan tertentu, penyampaian bahan tertentu, suatu kondisi
belajar siswa, dan untuk penggunaan strategi atau metode yang memang telah
terpilih. Penggunaan media pendidikan erat kaitannya dengan tahapan berpikir
tersebut, sebab melalui media pendidikan hal-hal yang tidak jelas dapat dijelaskan,
dan hal-hal yang sulit dapat disederhanakan. Menurut Bringgs media pembelajaran
adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa agar terjadi proses belajar
dimana media dapat dilihat, didengar dan dipraktekkan. Seiring dengan
perkembangan dan pertumbuhan penduduk maka semakin banyak pula kebutuhan
akan pendidikan, pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu
menghasilkan hasil yang berkualitas dan mampu berdaya saing dengan orang lain,
hal tersebut tentu tidak terlepas dari sarana dan prasarana atau media pembelajaran
yang mendukung serta kualitas tenaga pendidik yang relevan. Hal demikian
mengakibatkan siswa termasuk guru harus wajib dapat memilih atau menggunakan
media pendidikan dalam proses pembelajaran terutama dalam massa pandemi
covid-19 tahun 2020.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kategorisasi Media
Pembelajaran E-Learning di SD Negeri Kese Kecamatan Grabag Kabupaten
Purworejo termasuk pada kategorisasi sedang sebesar 61%, sedangkan kategorisasi
Efektivitas Pembelajaran di SD Negeri Kese Kecamatan Grabag Kabupaten
Purworejo mayoritas juga masuk katergori sedang yaitu sebesar 55%. Sedangkan
hasil penelitian di atas disimpilkan bahwa terdapat adanya hubungan positif
kategori sedang antara media pembelajran e-learning (x) dengan efektivitas
pembelajaran e-learning dengan (y) sebanyak 99,64 % yang ditunjukkan pada
Tabel Tabulasi Silang.
Kata Kunci : efektifitas, e-learning , media, pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.