PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH EKONOMI DAN CARA MENGATASINYA UNTUK MENCINTAI PRODUK DALAM NEGERI MELALUI MODEL BELAJAR BERSAMA PADA KELAS X IPA1 SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI SMA N 1 ROWOSARI-KENDAL

Sawitri Retno Umirin

Sari


Pembelajaran masalah ekonomi, terutama tentang kelangkaan (scarcity) karena mata pelajaran ekonomi dianggap mata pelajaran yang banyak konsep yang terkesan menjenuhkan, banyak hambatan yang ditemui dalam proses belajar, sehingga belajar menjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.Pembelajaran masalah ekonomi tentang kelangkaan (scarcity) melalui model Belajar Bersama (Learning Together) yang berakhir dengan presentasi kelompok menganai  kelangkaan (scarcity) yang ada disekitar tempat tinggal peserta didik dan cara mengatasi dari kelangkaan (scarcity) tersebut.  Jika guru memperturutkan keinginan pembelajaran masalah ekonomi tentang kelangkaan (scarcity) dengan presentasi dari peserta didik yang bagus, maka sebelum pembelajaran materi masalah ekonomi tentang kelangkaan (scarcity) dimulai pada pertemuan sebelumnya guru sudah menugaskan ke peserta didik untuk mengamati peristiwa kelangkaan (scarcity) yang ada dilingkungan tempat tinggal peserta didik, Pembelajaran masalah ekonomi adalah pembelajaran yang setiap hari dihadapi oleh manusia terutama pada diri peserta didik, mengatasi apa yang tersedia dan apa yang tidak tersedia dari keinginan, sehingga pembelajaran ini adalah pembelajaran yang masalahnya kongkrit dari kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas, saya menetapkan model Belajar Bersama(Learning Together)karena tujuan utama pembelajaran tidak untuk mempelajari sejumlah besar informasi baru, tetapi lebih kepada belajar bagaimana menyelidiki masalah-masalah penting, permasalahan dan pertanyaan yang diteliti tidak mempunyai jawaban mutlak “benarâ€, karena sebuah masalah yang rumit atau kompleks mempunyai banyak alternatif penyelesaian, selama tahap pembahasan, peserta didik akan didorong untuk menyatakan ide-idenya secara bebas dan terbuka.Tidak ada ide yang akan ditertawakan oleh guru atau teman sekelas. Semua peserta didik diberi peluang untuk menyumbangkan pemikiran untuk penyelesaian.

Dalampembelajaran model Belajar Bersama (Learning Together), langkah-langkah guru adalah sebagai berikut: guru menyampaikan tujuan pembelajaran materi kelangkaan (scarcity) diiringi dengan memotivasi peserta didik, menyajikan informasi kepada peserta didik tentang materi pelajaran, membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok, membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat peserta didik mengerjakan tugas, mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang dipelajari dan atau mempresentasikan hasil kerjanya, memberi penghargaan pada hasil belajar peserta didik, baik individu maupun kelompok

Kata Kunci:Masalah Ekonomi, Kelangkaan (scarcity), Belajar Bersama, Presentasi, Motivasi


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.