ANALISIS KEUNTUNGAN KOMUNIKASI BISNIS DAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN PRODUKSI BATIK DENGAN ZAT WARNA ALAM PADA MOTIF SEMARANGAN DI KELURAHAN METESEH SEMARANG

Rekno Sulandjari, Leonardo Budi Hasiholan, Heru Sri Wulan

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian field reseach dengan menggunakan pendekatan kwalitatif. Data dihimpun dengan menggunakan teknik wawancara kepada pelaku usaha home industri batik cap dengan warna alam. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis dengan cara membuat perhitungan dengan menggunakan metode MOS (margin of safety). Hasil penelitian menunjukkan adanya keuntungan yang terjadi pada produksi batik cap dengan warna alam yang disebabkan meningkatnya penjualan dan jumlah menjadikan semakin banyak/tinggi. Adanya keuntungan yang terjadi pada produksi home industry produksi kain batik cap dengan pewarna alam yang disebabkan meningkatnya penjualan dan jumlah produksi menjadikan home industry produksi kain batik cap dengan pewarna alam mengambil keputusan antara menambah jumlah produksi kecambah atau menetapkan jumlah produksi.

Di antara dua alternatif tersebut harus dipilih salah satu yang menguntungkan bagi perusahaan. Bila perusahaan memutuskan untuk menambah jumlah produksi maka akan bertambah pula biaya produksi dan semakin meningkatnya laba yang akan diperoleh oleh perusahaan. Dan jika perusahaan menetapkan jumlah produksi maka tidak ada kenaikan biaya produksi begitu pula tidak ada kenaikan laba di tahun yang akan datang. Dari analisa perbandingan antara menambah atau menetapkan jumlah produksi sebaiknya perusahaan mengambil keputusan untuk menambah jumlah produksi kain batik cap dengan pewarna alam yang di produksi.

Dengan banyaknya produksi pakaian menggunakan bahan pewarna sintetis, kehadiran KBM yang memproduksi kain batik dengan pewarna alami merupakan salah satu bentu kepedulian akan fenomena populasi tanah dan air yang disebabkan limbah pewarna sintetis. Sehingga ke depan, pemerintah Daerah khususnya mendorong para pelaku home industry dengan menggunakan produk alam lebih distimuli dengan memberikan bantuan dana/anggaran pembinaan secara kontinyu.

Kata Kunci : Keuntungan, Komunikasi, Bisnis, Biaya, Produksi, Batik


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.