SOSIALISASI KUALITAS HIDUP DAN PELAKSANAAN SKRINING KESEHATAN SEBAGAI UPAYA MENCEGAH PENYAKIT TIDAK MENULAR PADA USIA PRODUKTIF DAN LANSIA DI KAMPUS UNIVERSITAS PANDANARAN KELURAHAN PEDALANGAN KECAMATAN BANYUMANIK SEMARANG

Adi Sasmito, Rekno Sulandjari, Sri Praptono, Dina Damayanti

Sari


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meminimalisir jumlah penderita PTM. Usaha pencegahan ini dikarenakan dengan banyaknya kejadian penyakit tidak menular (PTM) menyebabkan perlu adanya pelaksanaan kegiatan skrining kesehatan penyakit tidak menular (PTM) pada masyarakat di sekitar kampus Universitas Pandanaran usia produktif dan usia lanjut.  Sasaran dari kegiatan ini adalah 30 orang Masyarakat di sekitar kampus Universitas Pandanaran dengan  rentang usia 30 hingga 70 tahun.

Bertempat di ruangan poliklinik dan bekerja sama dengan Kimia Farma Semarang kegiatan ini dilaksanakan melalui metode yang digunakan melalui pelaksanaan skrining dan pemberian edukasi terkait penyakit tidak menular (PTM) pada masyarakat sekitar kampus Universitas Pandanaran. Tahapan yang dilakukan selama kegiatan meliputi: perencanaan dan persiapan, pemeriksaan kesehatan, serta pemberian edukasi. Dari hasil kegiatan skrining didapatkan rata-rata partisipan dengan usia di atas 50 tahun memiliki kecenderungan penurunan daya ingat dan ketidaknormalan dalam tekanan darah yang memiliki kecenderungan hipertensi, diabetes, asam urat , serta kolesterol. Tambahan temuan adalah kecenderungan ketidaknormalan fungsi jantung, pangkras, empedu, hati dan ginjal.  Sehingga sangatlah penting kiranya dibutuhkan  edukasi kepada masyarakat komunitas di sekitar Universitas Pandanaran tentang perubahan gaya hidup untuk mencegah terjadinya peningkatan jumlah penyakit tidak menular.

Kata Kunci : penyakit tidak menular, pencegahan, sosialisasi, asupan kalori  

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.