PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BAGI SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 ROWOSARI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Muh Mastur

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan keaktifan siswa mengikuti proses pembelajaran Sistem Pencernaan melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script bagi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Rowosari semester 2 tahun pelajaran 2015/2016. Adapun objek penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rowoari, Jalan Bahari Km. 5 Rowosari Kendal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang siswa terdiri atas 20 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Banyaknya tindakan sebanyak dua kali dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahapan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan hasil tindakan, dan refleksi hasil tindakan.
Hasil penelitian dapat meningkatkan keaktifan siswa dan menunjukkan bahwa kondisi awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa 73,48, siklus 1 = 78,49, nilai rata-rata pada siklus 2 = 81,87, maka dari kondisi awal dibandingkan siklus 2 meningkat 8,39. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Pencernaan.
Berdasarkan simpulan penelitian ini perlu diuji coba pada mata pelajaran yang lain. Perlu dilakukan pengembangan model pembelajaran Cooperative Script pada materi Biologi yang berbeda. Perlu dirancang pembelajaran menggunakan Cooperative Script dengan model pembelajaran yang berbeda.
Keywordsi: Hasil Belajar, Cooperative Script, Sistem Pencernaan


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.